Cara Membuat Widget Facebook Fanpage Valid HTML [Baru]

Cara Membuat Widget Facebook Fanpage Valid HTML [Baru] - Karena kemarin ane nulis tentang jasa like facebook fanpage dan jasa update status facebook fanpage, sekalian ajah deh nulis tutorial tentang membuat widget facebook fanpage valid html. Sebenernya sudah ada tutorial tentang widget facebook fanpage valid html di Blog Gedek, tapi sepertinya kode yang lama tidak works well.

Lagian, sudah lama juga tidak menulis tips dan trik blogging serta tips seo on page :D ya maklum lah, kadang memak sibuk di offline (alasan) hahahaha :D Oke back to topic, widget facebook fanpage sangat penting karena social media sudah menjadi bagian dari teknik seo, wa bil khusus seo off page. Dengan memiliki fanpage, setidaknya akan memudahkan kita untuk mendapatkan backlink dan trafik dari facebook gt loh :D
facebook fanpage valid html

Pentingkah Widget Facebook Fanpage Harus Valid HTML?


Kalau menurut para master seo, valid html tidak terlalu mempunyai efek pada seo. Menurut ane juga gt sih sob. Tapi rasanya kurang puas saja jika nambah-nambah error html hanya gara2 widget facebook fanpage.

Cara Mudah Membuat Widget Facebook Fanpage Valid HTML


Sebenarnya cara ini mudah kok. Kita hanya mengambil kode yang disediakan oleh facebook (hxxp://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages/) dan kita ambil kode untuk HTML5.

Pada kode yang diberikan oleh Facebook tersebut, terdapat 2 kode berbeda yang diletakkan di tempat yang berbeda pula, yaitu pada template, tepatnya setelah <body> dan pada widget HTML/JavaScript dari blogger.

Yang membuat widget ini tidak valid html adalah kode kedua, yang mana akan kita letakkan kode tersebut pada widget HTML/JavaScript kita nanti. So, untuk membuat nya menjadi valid html harus kita bungkus kode html tersebut dengan kode javascript.

Dua kode dari facebook akan kita jadikan satu (diletakkan di widget javascript semua). Caranya seperti ini :
  1. Login ke blogger, ya iya lah :D asal jangan La Nyalla :P
  2. Klik "Tata Letak" > Tambahkan widget "HTML/Javascirpt"
  3. Nah perhatikan contoh widget fanpage ane ini
    <div id="fb-root"></div>
    <script type='text/javascript'>(function(d, s, id) {
      var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
      if (d.getElementById(id)) return;
      js = d.createElement(s); js.id = id;
      js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1";
      fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
    }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>

    <script type='text/javascript'>
    /* <![CDATA[ */
    document.write ('<div class="fb-like-box" data-href="https://www.facebook.com/BlogGedek" data-width="292" data-show-faces="true" data-header="false" data-stream="false" data-show-border="true"></div>');
    /* ]]> */
    </script>
  4. Kode yang berwarna merah itulah inti dari tutorial ini. Dengan kode tersebut maka widget facebook fanpage kita akan menjadi valid html.
Bagaimana? Masih bingung? Pelan-pelan saja sob nyobanya :D itu disesuaikan saja dengan keinginan sobat untuk opsi-opsi seperti menampilkan judul, menampilkan wajah, menampilkan aktifitas terbaru, ukuran, dll. Dan jangan lupa juga untuk mengganti alamat fanpage nya sesuai milik sobat. Semoga bermanfaat :)

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)