Menampilkan Number of Queries di Wordpress

Menampilkan Number of Queries di Wordpress - Apakah sobat pernah mengunjungi suatu blog dan melihat informasi pada footer tentang jumlah queri serta waktu yang dibutuhkan untuk mengakses query2 tersebut? Yup, itulah yang biasa kita jumpai di blog-blog berbasis wordpress.

Bagi yang belum terbiasa menggunakan wordpress sebagai cms blog mungkin agak bingung ya maksud dari informasi tersebut. Ga usah bingung sob, daripada bingung mendingan baca postingan ini ajah :D
PHP, MySql, Wordpress

CMS Wordpress, PHP, dan MySql


Pada dasarnya, wordpress adalah cms (content management system) yang menggunakan bahasa PHP sebagai bahasa pemogramannya dan MySql sebagai databasenya.

Ketika blog wordpress dijalankan atau diakses, maka akan ada beberapa proses yang berhubungan dengan database seperti pengambilan judul artikel, pengambilan artikel pada halaman index, widget, dan lain-lain.

Tujuan Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time


Number of queries atau jumlah query yang biasanya kita jumpai bertujuan untuk memberi informasi tentang berapa kali blog tersebut mengakses database nya. Informasi ini cukup penting, terutama bagi pemilik blog.

Semakin sedikit jumlah permintaan ke database maka semakin ringan blog tersebut. Number of queries dan waktu yang dibutuhkan juga berpengaruh bagi optimasi SEO, terutama SEO On Page. Hal ini dikarenakan query tersebut bisa dikatakan sebagai bagian dari cms wordpress itu sendiri.

Jadi jika sobat menjumpai blog yang menampilkan

number of queries

serta page load time nya (misal 1,277 seconds) bukan berarti blog tersebut bisa diakses dengan sangat ringan sesuai waktu yg ditampilkan tersebut. Itu hanyalah waktu yang dibutuhkan oleh PHP untuk mengaksees databasenya (yang menggunakan MySql).

Cara Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time


Jika sobat tertarik dan ingin mengetahui bagaimana  menampilkan berapa jumlah kueri ke database sobat bisa menambahkan kode yang sangat simple pada footer.php, kodenya adalah seperti berikut ini
<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds.

Bagaimana? Ternyata mudah sekali menampilkan number of queries dan page load time di wordpress, sama mudahnya dengan import artikel dari blogspot ke wordpress. Semoga bermanfaat.

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)