Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghitung Bounce Rate

Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghitung Bounce Rate - Bounce rate mungkin terdengar aneh bagi beberapa blogger pemula seperti saya ini. Walaupun aneh tetapi tetap harus dimengerti apa itu bounce rate dan akan lebih baik lagi jika akhirnya bisa memperbaiki bounce rate itu sendiri sehingga menjadi lebih baik dan semakin meningkatkan kualitas blog sobat.

Pengertian Bounce Rate


Jika kita artikan secara harfiah, bounce rate berarti rasio pentalan. Berbeda dengan pageview, bounce rate adalah perbandingan antara berapa jumlah pengunjung yang "terpental" ketika berkunjung ke blog sobat. Untuk lebih jelasnya kita tanyakan saja sama wikipedia.

Bounce rate is an Internet marketing term used in web traffic analysis. It represents the percentage of visitors who enter the site and "bounce" (leave the site) rather than continue viewing other pages within the same site.

Bounce rate adalah istilah dalam dunia internet marketing yang digunakan untuk menganilisa traffic. Bounce rate menggambarkan persentase pengunjung yang memasuki halaman situs dan kemudian memilih meninggalkan situs tersebut daripada menelusuri lebih jauh halaman-halaman di situs tersebut. (wikipedia)
Bounce Rate

Penyebab Terjadinya Bounce Rate


Masih dari wikipedia, bounce rate bisa terjadi (tinggi) karena beberapa hal, berikut ini adalah penyebab-penyebab yang bisa mengakibatkan tingginya bounce rate pada suatu situs atau blog :
  • Pengunjung melakukan klik terhadap link yang membawanya keluar dari situs atau blog sobat.
  • Pengunjung menutup jendela atau tab pada browser.
  • Pengunjung mengetikkan alamat url baru pada browser.
  • Menekan tombol "back" pada browser.
  • Lampu mati.
  • Modem terputus.
  • Kuota habis.
  • Dan lain-lain :D

Cara Menghitung Bounce Rate


Setelah sobat memahami apa itu bounce rate dan penyebab-penyebabnya, maka sobat juga bisa menghitung berapa persentase bounce rate di blog sobat. Sebenarnya mudah saja sih, kita bisa memanfaatkan beberapa tools gratis seperti widget histats atau google analytics.

Ada banyak variabel yang digunakan oleh tools tersebut dan membuat perhitungan bounce rate menjadi rumit. Tetapi ada cara yang paling mudah, walaupun tidak seakurat perhitungan tools di atas, yang bisa kita gunakan sebagai patokan untuk menghitung bounce rate. Rumusnya adalah sebagai berikut :

Bounce Rate = (Jumlah Pengunjung Yang Mengunjungi 1 Halaman Saja / Jumlah Total Pengunjung) x 100%

Contohnya begini,dalam sehari blog sobat dikunjungi oleh 10.000 pengunjung, 4.000 diantara pengunjung tersebut hanya mengunjungi 1 halaman saja, maka bounce rate nya adalah (4.000/10.000) = 0,4. Hasil ini dikalikan dengan 100% sehingga hasilnya adalah 40%. Itulah bounce rate pada contoh di atas.

Dari penjelasan tentang bounce rate di atas bisa disimpulkan bahwa semakin kecil bounce rate maka semakin baik, dengan kata lain pengunjung merasa betah di blog sobat dan terus menjelajah blog sobat untuk mencari informasi yang diharapkan.

Itulah pengertian, penyebab, dan cara menghitung bounce rate. Jadi tunggu apalagi? Segera cek bounce rate blog sobat. Semoga bermanfaat.

3 comments | add comment

Unknown said...

Halo,
saya mau tanya, bagaimana kalau pengunjung menemukan artikel yang dicari dan hanya tertarik pada halaman itu saja?
contoh nyata saja, saya mendapatkan blog ini karena murni dari google, dan saya hanya tertarik pada halaman ini saja, untuk di halaman ini saja saya bisa sampai beberapa menit, karena saya memang membaca seluruhnya dan juga mengetik postingan ini :D

apakah saya termasuk dalam kategori penyebab bounce rate?
kalau tidak, sebenarnya bounce rate sendiri apa memang si pengunjung hanya mengunjungi 1 halaman saja, atau ada minimal waktu yang dibutuhkan untuk menghindari bounce rate?

terima kasih :)

Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghitung Bounce Rate
Unknown said...

oia tambah satu lagi pertanyaannya :D
kalau hanya 1 halaman yang dilihat oleh visitor dianggap penyebab bounce rate, berarti halaman yang menampilkan landing page itu pasti tinggi donk bounce ratenya?

pantes aja halaman landing page udah jarang bahkan ga pernah lihat lagi di search engine google.

makasih ya :)

Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghitung Bounce Rate
Cuma Blogger said...

Ga masalah walo 1 halaman karena waktu / lamanya pengunjung disana jg diitung sama algo gugel

Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghitung Bounce Rate

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)