8 Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik Minat Pembaca

8 Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik Minat Pembaca - Kegiatan blogging tidak bisa dipisahkan dari yang namanya menulis. Jika kita berbicara masalah menulis tentunya semua orang mempunyai cara masing-masing untuk mengekspresikan isi tulisannya, akan tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa dianggap remeh salah satunya adalah judul artikel / posting.

Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik

Mengapa Judul Begitu Penting?


Judul pada sebuah tulisan atau artikel bisa diartikan sebagai pintu masuk bagi para pembaca. Jika kita membayangkan pintu maka akan terbayang 2 hal, yaitu sebagai pintu masuk atau sebagai penghalang, benar kan?

Jika judul itu sebagai pintu masuk maka konten atau isi artikel / posting adalah isi dibalik pintu tersebut, so sebelum berbicara masalah judul yang menarik pembaca (visitor) ada baiknya kita juga memperhatikan isi artikel atau posting karena isi yang tidak sesuai dengan judul bisa membuat pengunjung kecewa dan tentunya segera meninggalkan blog kita yang akan menyebabkan tingginya bounce rate.

Dengan membuat judul yang menarik bisa membuat pengunjung penasaran untuk membaca artikel sobat dan jika itu terjadi ketika pengunjung berada di search engine, terutama google, hal ini bisa meningkatkan posisi artikel sobat di SERP (algoritma google semakin canggih, dia juga mempertimbangkan faktor seberapa sering link tersebut di klik).

Sebaliknya, jika judul tersebut kurang menarik maka bisa menjadi pintu penghalang bagi visitor untuk mengunjungi artikel sobat, pasti sobat kecewa jika sudah menulis secara seo friendly dan bersemangat ternyata harus tidak dibaca hanya karena judul, iya kan? Nah berikut ini

tips atau cara membuat judul yang menarik

dan tentunya masih logis.

Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik Minat Pembaca


  1. Buatlah judul yang berisi sebuah cara (how to).
    Cara atau prosedur melakukan sesuatu bisa menarik minat pembaca (visitor) karena hal ini mencerminkan sesuatu yang sudah penulis kuasai.
  2. Tambahkan dengan kata-kata "mudah", sesuatu yang mudah biasanya lebih disenangi oleh visitor, ya sifat dasar manusia memang seperti itu sih, sukanya yang gampang-gampang.
  3. Selain kata "mudah" ada juga kata ajaib yang bisa membuat orang penasaran yaitu kata "rahasia".
    • Rahasia Memuaskan Pasangan Anda
  4. Sebuah kata tampaknya bisa membuat efek perbedaan yang begitu besar dalam judul, salah satu kata yang juga tidak kalah bagus untuk membuat judul adalah kata "ini" atau "inilah".
  5. Selain bermain-main dengan penggunaan kata kita juga bisa memanfaatkan angka untuk membuat judul yang menarik. Angka menggambarkan sesuatu yang jelas, praktis, dan terstruktur dengan rapi. Dalam hal ini berarti kita membuat judul dengan menggunakan daftar untuk menarik minat pembaca (visitor).
  6. Pengalaman pribadi. Dengan membuat judul yang menuliskan pengalaman pribadi juga bisa menggugah rasa penasaran, hal ini mencerminkan bahwa penulis pernah mengalami sesuatu yang membuat dia paham akan hal itu.
  7. Mengandung sebuah pertanyaan. Pertanyaan atau kalimat tanya juga bisa digunakan untuk membuat judul yang menarik bagi sebuah artikel.
    • Mengapa Memilih Blogspot Daripada Wordpress?
  8. Judul yang kontroversial. Jika memilih judul tipe ini biasanya berhubungan dengan sesuatu yang up to date.
    • Ternyata Presiden Negara Endonesa Adalah Seorang Gay
Itulah tips atau cara membuat judul yang menarik bagi pembaca, apa sobat sudah pernah mencobanya? Bagaimana hasilnya? Atau mungkin sobat memiliki tips membuat judul yang lebih ampuh?

2 comments | add comment

Julka Hendri said...

Penting karena judul artikel yang akan mempengatuhi kinat pengunjung

8 Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik Minat Pembaca
Unknown said...

Nice infonya, sangat berguna bagi blog saya

kunjung kunjung ya :)
rifkyalgifari.blogspot.com

8 Tips Dan Cara Membuat Judul Yang Menarik Minat Pembaca

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)