Tips Mempertahankan Ranking Artikel Di SERP

Tips Mempertahankan Ranking Artikel Di SERP - Mau curhat dikit neh :D Dengan berbekal ilmu seo ala kadarnya, beberapa posting di blog ini menempati posisi yang lumayan di hasil pencarian google. Tetapi alangkah terkejutnya saya ketika iseng-iseng melakukan cek posisi di SERP ternyata banyak juga yang tergusur dari halaman pertama google.

Apa sobat juga mengalami hal yang sama? Mungkin yang jadi pertanyaan adalah bagaimana supaya artikel tetap stabil di SERP, bahkan kalau perlu di nomor 1. Padahal kita sudah melakukan optimasi seo, baik seo on page maupun seo off page tapi kok masih melorot posisi atau rangkingnya?

Apa Itu SERP?


SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, artinya ya berarti halaman pada hasil pencarian di mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll.

Tips Mempertahankan Posisi Artikel Di SERP


Menurut para ahli seo, jika sobat bertanya apakah ada cara supaya posisi di SERP selalu bertahan jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan memang algoritma search engine yang selalu berubah-ubah untuk menghasilkan hasil yang lebih baik lagi bagi para pencari informasi.

Lah terus ini tips apaan? Hehehe, saya bukan ahli seo sob, tips di sini saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi setelah membaca saran para mastah-mastah plus tips memeprtahankan posisi di SERP yang saya anggap masuk akal.
  1. Buatlah judul yang menarik. Yup, usahakan sobat membuat judul yang menarik bagi pengunjung dan membuat penasaran. Logikanya gini, misal blog sobat di urutan 4, tapi karena judul yang membuat pengunjung penasaran maka pengunjung akan mengklik artikel sobat daripada yang berada di urutan pertama. Semakin sering diklik, semakin baik pula posisi blog kita di mata mbah google sehingga bisa bertahan di SERP.
  2. Konten yang berkualitas. Setelah pengunjung membaca artikel sobat maka akan ada penilaian dari pengunjung tersebut, jika artikel sobat berkualitas so pasti bisa membuat pengunjung betah, tambahkan juga internal link ke artikel lain yang bersangkutan dengan anchor text tertarget. Perlu dicatat, algoritma google juga menilai seberapa lama pengunjung berada di blog sobat (baca : tips meningkatkan pageview), semakin betah ya semakin baik.
  3. Backlink. Tidak bisa dipungkiri, backlink tetaplah menjadi nyawa dari SEO, terutama bagi search engine google. Carilah backlink yang berkualitas dan sesuai dengan topik artikel.
  4. Membuat beberapa artikel sekaligus yang masih berkaitan, misal sobat lagi menulis artikel tentang alexa, maka pecahlah dia menjadi beberapa postingan, misal "mengenal alexa", "menurunkan ranking alexa", "pentingnya alexa", dll. Tapi ingat, tetap berkualitas ya supaya bisa

    mempertahankan rangking atau posisi artikel di SERP

    .
  5. Memperbaiki SEO On Page, silahkan sobat cek skor seo on page sobat dengan beberapa tools yang ada di internet, semakin tinggi skornya semakin besar peluang untuk

    mempertahankan posisi di SERP

    .
  6. Mengurangi outbound link (link keluar). Memang sih ini termasuk di poin sebelumnya yaitu tentang seo on page, akan tetapi perlu saya ulang lagi karena outbound link memang kurang bagus buat blog kita, kecuali benar-benar menuju ke authorized source. Jangan lupa tambahkan rel nofollow untuk semua link keluar.
  7. Berdoa, jangan lupa ya. Ini mah wajib :)
Mungkin itu saja tips bertahan di SERP Google yang saya lakukan, perlu dicatat juga, tips ini tidak berlaku untuk kontes seo. Karena optimasi di kontes membutuhkan banyak amunisi, terutama backlink dan link wheel.

Oke sob, semoga bermanfaat dan selamat berusaha untuk mempertahankan posisi di SERP :)

1 comment | add comment

Atlast said...

Untuk tips mana yang paling penting, kayaknya backlink dan artikel berkualitas yang paling mempengaruhi ya..

Soalnya ane pernah baca bahwa Google menyukai blog yang punya backlink natural dan artikel berkualitas..

Tips Mempertahankan Ranking Artikel Di SERP

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)