5 Cara Mengatur Keuangan (Tips Jitu)

5 Cara Mengatur Keuangan (Tips Jitu) - Mengatur keuangan memang sepele akan tetapi seringkali menjadi masalah yang begitu rumit. Hal ini adalah sesuatu yang wajar mengingat cara mengatur keuangan Anda yang belum dilakukan dengan baik
cara atau tips mengatur keuangan
Berikut ini tips bisa digunakan untuk mengatur keuangan pribadi, mengatur keuangan keluarga / rumah tangga, dan mengatur keuangan bulanan supaya lebih hemat

Cara mengatur keuangan pribadi atau rumah tangga

  1. Pahami portfolio keuangan keluarga Anda
    Hal yang paling mendasar sebelum mengatu keuangan rumah tangga atau keuangan pribadi adalah dengan memahami portfoilo. Jangan sampai Anda tidak tau berapa jumlah tabungan, tagihan telepon, biaya anak, dll.
  2. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan anda tiap bulan untuk ditabung
    Tahanlah keinginan untuk membeli barang-barang yang sekiranya tidak perlu, biaya tak terduga bisa muncul kapan saja dan bisa merusak cara Anda dalam mengatur keuangan.
  3. Susun rencana keuangan atau anggaran
    Perencanaa yang matang akan mempermudah Anda dalam mengatur keuangan rumah tangga atau pribadi.
  4. Hindari berhutang
    Seringkali kita memutuskan untuk berhutang ketika kita merasa tidak bisa mengatur keuangan. Sebaiknya hindai berhutang karena akan menambah masalah Anda di kemudian hari.
  5. Berinvestasi
    Langkah terkahir untuk mengatur keuangan Anda atau keuangan rumah tangga dan berjaga-jaga dari biaya tak terduga adalah dengan berinvestasi. Hal ini sangat dianjurkan dalam mengatur keuangan, terutama perencanaan keuangan rumah tangga untuk jangka panjang.
Dengan melakukan 5 cara mengatur keuangan diatas dengan benar saya yakin Anda pasti bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Tags : , , , ,

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)